Monday, August 27, 2012

5 Tips Stop Kebiasaan Gigi Kuku

Dengan mengikuti beberapa saran berikut, mungkin anak Anda bisa coba berhenti dari sekarang:

1. Taruh sesuatu hal kotor yang menjijikan di kuku Anda
Perlihatkan kepada anak Anda bahwa kuku itu sangat kotor dan menjijikan sehingga tidap pantas dimasukkan ke dalam mulut selain saat makan. Pada Saat makanpun pastikan anak Anda telah melakukan cuci tangan pakai sabun.
2. Tukar kebiasaan buruk dengan sau hal yang baik
Berikan anak Anda mainan yang menyenangkan dan mudah dibawa. Seperti lego atau Lilin mainan untuk anak di atas usia 3 tahun. Berikan kegiatan positif yang membangun kreatifitas anak.
3. Ingatkan dengan lembut setiap kali anak gigit kuku
Anak bisa melakukan gigit kuku dimanapun dan kapanpun. Ingatkan kembali bila dia lupa dan terus melakukannya. ingatkan dan tegurlah dengan lembut, karena ditegur dengan kasar atau nada yang tinggi itu bisa membuat anak jengkel terlebih bila di depan orang banyak.
4. Selalu kembali ingatkan
Biasanya kebiasaan gigit kuku sangat susah dilepaskan. Selalu kembali ingatkan setiap anak melakukan gigit kuku. Cukup menegurnya dengan lembut dan sedikit ledekan ringan yang membuat dia malu atau takut terhadap kuman yang ada di dalam kuku.
5.Perlihatkan gambar kuku rusak dan mengerikan
Bila kebiasaan sangat susah dilepaskan dari anak dan penjelasan awal yang Anda lakukan tidak di terapkan dengan baik dengan si Kecil, Anda bisa memperlihatkan gambar kuku rusak dan mengerikan yang bisa terjadi karena kebiasaan gigit kuku. Perlihatkan gambar dan juga berikan penjelasan lagi mengapa itu bukanlah hal yang baik dan tidak perlu di ulangi.

No comments:

Post a Comment